TEMA MATERI PELAYANAN BK
NO
|
TEMA
|
SUBTEMA
|
1
|
ORIENTASI SEKOLAH BARU
|
1.Orientasi Sekolah Baru SMP
|
2
|
ORIENTASI KELAS/SEMESTER BARU
|
1.Orientasi kls7/smt1
|
|
|
2.Orientasi kls7/ smt 2
|
|
|
3.Orientasi kls8/smt 1
|
|
|
4.Orientasi kls8/smt2
|
|
|
5.Orientasi kls9/smt1
|
|
|
6.Orientasi kls9/smt2
|
3
|
ORIENTASI PELAYANAN BK
|
1.Orientasi awal BK SMP
|
|
|
2.Pengalamanku dengan BK
|
|
|
3.Pengalaman BK di kls sebelumnya
|
|
|
4.BK dan masalah2ku
|
|
|
5.BK dan kesuksesanku
|
|
|
6.BK dan masa depanku
|
4
|
KONDISI DIRI
|
1.Diriku sekarang ini
|
|
|
2.apa yang aku ingin bisa
|
|
|
3.Aku dan lingkungan diriku
|
|
|
4.Siapa aku ini
|
|
|
5.Say No Drug
|
|
|
6.apa yang terjadi pada diriku
|
5
|
KONDISI LINGKUNGAN
|
1.Rumahku dan kegiatanku sehari-hari
|
|
|
2.Ketenangan dan kenyamanan hidup sekelilingku
|
|
|
3.Aku dan keadaan sekelilingku
|
|
|
4.Hidupku dan tantangan dari sekelilingku
|
|
|
5.Perilaku Nabi dalam menghadapi lingkungannya:
|
|
|
5.1.Terimalah yang sedikit dg kesyukuran yang tinggi
|
|
|
5.2.Maafkan yang menyulitkan
|
|
|
5.3.Jangan membebani
|
|
|
5.4.Jangan meremehkan
|
|
|
5.5.Jangan marah
|
6
|
PEMINATAN DI SMP
|
1.Apa itu minat dan peminatan
|
|
|
2.apa minat belajarku:bagaimana di SD/MI dan sekarang?
|
|
|
3.Apa itu belajar?
|
|
|
4.Apa itu bekerja?
|
|
|
5.Nilaiku dan cita2ku
|
|
|
6.Mengapa manusia perlu belajar dan bekerja?
|
|
|
7.Kaitan kegiatan belajarku dan perlunya aku bekerja
|
|
|
8.Bagaimana aku melihat pekerjaan2 yang ada
|
|
|
9.Bekerja itu mulia:halal dan berguna
|
|
|
10.Bakat dan minat pekerjaan
|
|
|
11.Informasi pekerjaan
|
|
|
12.Cita2 pekerjaanku
|
|
|
13.Dukungan keluarga terhadap cita2 pekerjaanku
|
|
|
14.Kiat sukses dalam bekerja
|
|
|
15.Kaitan antara jenis kelamin dan pekerjaan
|
|
|
16.Informasi SLTA
|
|
|
17.Prestasi belajar dan cita2 pekerjaanku
|
|
|
18.Penyajian informasi tentang SMA/SMK (nara sumber)
|
|
|
19.Kemana aku melanjutkan studi
|
|
|
20.Dukungan keluarga terhadap pilihanku memasuki SLTA
|
|
|
21.Hobi dan kesukaanku
|
|
|
22.Idolaku:aku ingin seperti dia
|
7
|
KEGIATAN BELAJAR
|
1.Apa itu belajar
|
|
|
2.Hasil belajar:sikap,pengetahuan,ketrampilan
|
|
|
3.Ketrampilan bertanya
|
|
|
4.Ketrampilan mengemukakan pendapat
|
|
|
5.Ketrampilan membaca
|
|
|
6.Ketrampilan membuat catatan
|
|
|
7.Ketrampilan meringkas bahan bacaan
|
|
|
8.Ketrampilan membuat dan menyampaikan laporan
|
|
|
9.Ketrampilan menyusun makalah
|
|
|
10.Belajar di Perpustakaan
|
|
|
11.Kiat suskses mengerjakan PR
|
|
|
12.Belajar mandiri
|
|
|
13.Belajar berkelompok
|
|
|
14.Aktivitas BMB3(Berpikir,Merasa,Bersikap,Bertindak,Bertanggungjawab)
|
|
|
15.Antara belajar dan bekerja
|
|
|
16.Belajar di rumah/luar sekolah
|
|
|
17.Sikap jujur: anti menyontek
|
8
|
PRESTASI BELAJAR
|
1.apa itu prestasi belajar?
|
|
|
2.Prestasi belajarku di SD dan bagaimana meningkatnya?
|
|
|
3.antara prestasi belajar intrakurikuler dan ekstrakurikuler
|
|
|
4.Naik turunnya prestasi belajar
|
|
|
5.Kiat mencapai prestasi belajar tinggi/motivasi berprestasi
|
|
|
6.Bonus prestasi belajar tinggi
|
|
|
7.Tanggapan keluarga terhadap prestasi belajarku
|
|
|
8.Aku ini ranking berapa?
|
9
|
APLIKASI INSTRUMENTASI
|
1.Pengadministrasian AUM Umum kls 7
|
|
|
2.Pembahasan data AUM Umum kls 7
|
|
|
3.Pengadministrasian AUM PTSDL Kls 7
|
|
|
4.Pembahasan data AUM PTSDL Klas 7
|
|
|
5.Pengadministrasian AUM Umum Kls 8
|
|
|
6.Pembahasan data AUM Umum Kls 8
|
|
|
7.Pengadministrasian AUM PTSDL Kls 8
|
|
|
8.Pembahasan data AUM PTSDL Kls 8
|
|
|
9.Sosiometri
|
|
|
10.Pengungkapan kecerdasan umum,bakat
minat,kecenderungan khusus
|
|
|
11.Berbagai permasalahan umum diriku Kls 9
|
|
|
12.Berbagai permasalahan belajar diriku Kls 9
|
10
|
KEHIDUPAN BERAGAMA
|
1.Kehidupan sebagai rakhat Tuhan
|
|
|
2.Kehidupan yang dimuliakan
|
|
|
3.Kehidupan keagamaanku sehari-hari
|
|
|
4.Kehidupan keagamaan keluarga
|
|
|
5.Kehidupan keagamaan dan masa depan
|
|
|
6.Antara pahala dan dosa
|
11
|
KEHIDUPAN KELUARGA
|
1.Kecintaan dan hormat anak terhadap orangtua
|
|
|
2.Suasana kehidupan keluarga
|
|
|
3.Sopan santun dalam keluarga
|
|
|
4.Keluarga dan sukses anak
|
|
|
5.Peranku dalam keluargaku
|
|
|
6.Berbakti kepada orangtua
|
|
|
7.Keluargaku dan diriku
|
12
|
KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA
|
1.Manusia adalah mahkluk soaial
|
|
|
2.Manusia adalah mahkluk berbudaya
|
|
|
3.Nilai2sosial budaya dalam kehidupan
|
|
|
4.Tetanggaku
|
|
|
5.Kearifan lokal dalam kehidupan sosial budaya
|
|
|
6.Adat istiadat dalam kehidupan sosial budaya
|
|
|
7.Perilaku pribadi sosial beretika
|
|
|
8.Kerjasama/gotongroyong
|
|
|
9.Apa itu nilai2 moral
|
13
|
KEHIDUPAN MUDA-MUDI
|
1.Karakteristik gender
|
|
|
2.Kesamaan hak dan kewajiban dalam kaitan gender
|
|
|
3.Ketentuan nilai dan moral dalam hubungan muda-mudi
|
|
|
4.Kiat berteman
|
|
|
5.Aku dan teman2ku
|
|
|
6.Hubungan muda-mudi: apa yang boleh dan tidak boleh
|
|
|
7.Aku dan dia di masa remaja
|
|
|
8.Apa kata orangtua tentang muda-mudi
|
14
|
PERISTIWA/KEJADIAN AKTUAL
|
1.Peristiwa alam
|
|
|
2.Penyimpangan hubungan muda-mudi
|
|
|
3.Peristiwa politik: Pemilu
|
|
|
4.Peristiwa budaya
|
|
|
5.Prestasi istimewa
|
|
|
6.Penyimpangan nilai dan moral
|
|
|
7.Pemecatan karyawan/pegawai, pengangguran
|
|
|
8.Tawuran
|
|
|
9.Gangguan keamanan
|
|
|
10.Pengalamanku yang luar biasa
|
|
|
11.Kecelakaan fatal/tragis
|
15
|
KONDISI DINAMIS SEKOLAH
|
1.Peraturan sekolah
|
|
|
2.Tanggapanku terhadap kondisi sekolah
|
|
|
3.Aku dan sekolahku
|
|
|
4.Sekolahku dan sekolah lain
|
|
|
5.Apa yang ku inginkan tentang sekolahku
|
|
|
6.Sekolahku: dahulu dan sekarang
|
|
|
7.Apa kata orangtua tentang sekolahku
|
16
|
KENAIKAN KELAS/KELANJUTAN STUDI
|
1.Persyaratan kenaikan kelas
|
|
|
2.Dapatkah aku naik kelas dan melanjutkan studi?
|
|
|
3.Tantangan naik kls dan resiko tidak naik kls
|
|
|
4.Keterkaitan kenaikan kls dan kelanjutan studi
|
|
|
5.Bisakah aku melanjutkan studi?
|
17
|
UJIAN NASIONAL
|
1.Syarat2 mengikuti UN
|
|
|
2.Aspek teknis administrasi UN
|
|
|
3.Kesiapan penguasaan materi UN
|
|
|
4.Kesiapan psikologis UN
|
|
|
5.Kesiapan kesehatan dan kesegaran jasmani utk UN
|
|
|
6.Kesiapan kelengkapan mengikuti UN
|
|
|
7.Tidak lulus UN: mengapa dan bagaimana?
|
|
|
8.Nyontek: haram,bodoh dan terhina
|
Comments
Post a Comment