TEMA MATERI PELAYANAN BK

NO
TEMA
SUBTEMA
1
ORIENTASI SEKOLAH BARU
1.Orientasi Sekolah Baru SMP
2
ORIENTASI KELAS/SEMESTER BARU
1.Orientasi kls7/smt1


2.Orientasi kls7/ smt 2


3.Orientasi kls8/smt 1


4.Orientasi kls8/smt2


5.Orientasi kls9/smt1


6.Orientasi kls9/smt2
3
ORIENTASI PELAYANAN BK
1.Orientasi awal BK SMP


2.Pengalamanku dengan BK


3.Pengalaman BK di kls sebelumnya


4.BK dan masalah2ku


5.BK dan kesuksesanku


6.BK dan masa depanku
4
KONDISI DIRI
1.Diriku sekarang ini


2.apa yang aku ingin bisa


3.Aku dan lingkungan diriku


4.Siapa aku ini


5.Say No Drug


6.apa yang terjadi pada diriku
5
KONDISI LINGKUNGAN
1.Rumahku dan kegiatanku sehari-hari


2.Ketenangan dan kenyamanan hidup sekelilingku


3.Aku dan keadaan sekelilingku


4.Hidupku dan tantangan dari sekelilingku


5.Perilaku Nabi dalam menghadapi lingkungannya:


5.1.Terimalah yang sedikit dg kesyukuran yang tinggi


5.2.Maafkan yang menyulitkan


5.3.Jangan membebani


5.4.Jangan meremehkan


5.5.Jangan marah
6
PEMINATAN DI SMP
1.Apa itu minat dan peminatan


2.apa minat belajarku:bagaimana di SD/MI dan sekarang?


3.Apa itu belajar?


4.Apa itu bekerja?


5.Nilaiku dan cita2ku


6.Mengapa manusia perlu belajar dan bekerja?


7.Kaitan kegiatan belajarku dan perlunya aku bekerja


8.Bagaimana aku melihat pekerjaan2 yang ada


9.Bekerja itu mulia:halal dan berguna


10.Bakat dan minat pekerjaan


11.Informasi pekerjaan


12.Cita2 pekerjaanku


13.Dukungan keluarga terhadap cita2 pekerjaanku


14.Kiat sukses dalam bekerja


15.Kaitan antara jenis kelamin dan pekerjaan


16.Informasi SLTA


17.Prestasi belajar dan cita2 pekerjaanku


18.Penyajian informasi tentang SMA/SMK  (nara sumber)


19.Kemana aku melanjutkan studi


20.Dukungan keluarga terhadap pilihanku memasuki SLTA


21.Hobi dan kesukaanku


22.Idolaku:aku ingin seperti dia
7
KEGIATAN BELAJAR
1.Apa itu belajar


2.Hasil belajar:sikap,pengetahuan,ketrampilan


3.Ketrampilan bertanya


4.Ketrampilan mengemukakan pendapat


5.Ketrampilan membaca


6.Ketrampilan membuat catatan


7.Ketrampilan meringkas bahan bacaan


8.Ketrampilan membuat dan menyampaikan laporan


9.Ketrampilan menyusun makalah


10.Belajar di Perpustakaan


11.Kiat suskses mengerjakan PR


12.Belajar mandiri


13.Belajar berkelompok


14.Aktivitas BMB3(Berpikir,Merasa,Bersikap,Bertindak,Bertanggungjawab)


15.Antara belajar dan bekerja


16.Belajar di rumah/luar sekolah


17.Sikap jujur: anti menyontek
8
PRESTASI BELAJAR
1.apa itu prestasi belajar?


2.Prestasi belajarku di SD dan bagaimana meningkatnya?


3.antara prestasi belajar intrakurikuler dan ekstrakurikuler


4.Naik turunnya prestasi belajar


5.Kiat mencapai prestasi belajar tinggi/motivasi berprestasi


6.Bonus prestasi belajar tinggi


7.Tanggapan keluarga terhadap prestasi belajarku


8.Aku ini ranking berapa?
9
APLIKASI INSTRUMENTASI
1.Pengadministrasian AUM Umum kls 7


2.Pembahasan data AUM Umum kls 7


3.Pengadministrasian AUM PTSDL Kls 7


4.Pembahasan data AUM PTSDL Klas 7


5.Pengadministrasian AUM Umum Kls 8


6.Pembahasan data AUM Umum Kls 8


7.Pengadministrasian AUM PTSDL Kls 8


8.Pembahasan data AUM PTSDL Kls 8


9.Sosiometri


10.Pengungkapan kecerdasan umum,bakat minat,kecenderungan khusus


11.Berbagai permasalahan umum diriku Kls 9


12.Berbagai permasalahan belajar diriku Kls 9
10
KEHIDUPAN BERAGAMA
1.Kehidupan sebagai rakhat Tuhan


2.Kehidupan yang dimuliakan


3.Kehidupan keagamaanku sehari-hari


4.Kehidupan keagamaan keluarga


5.Kehidupan keagamaan dan masa depan


6.Antara pahala dan dosa
11
KEHIDUPAN KELUARGA
1.Kecintaan dan hormat anak terhadap orangtua


2.Suasana kehidupan keluarga


3.Sopan santun dalam keluarga


4.Keluarga dan sukses anak


5.Peranku dalam keluargaku


6.Berbakti kepada orangtua


7.Keluargaku dan diriku
12
KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA
1.Manusia adalah mahkluk soaial


2.Manusia adalah mahkluk berbudaya


3.Nilai2sosial budaya dalam kehidupan


4.Tetanggaku


5.Kearifan lokal dalam kehidupan sosial budaya


6.Adat istiadat dalam kehidupan sosial budaya


7.Perilaku pribadi sosial beretika


8.Kerjasama/gotongroyong


9.Apa itu nilai2 moral
13
KEHIDUPAN MUDA-MUDI
1.Karakteristik gender


2.Kesamaan hak dan kewajiban dalam kaitan gender


3.Ketentuan nilai dan moral dalam hubungan muda-mudi


4.Kiat berteman


5.Aku dan teman2ku


6.Hubungan muda-mudi: apa yang boleh dan tidak boleh


7.Aku dan dia di masa remaja


8.Apa kata orangtua tentang muda-mudi
14
PERISTIWA/KEJADIAN AKTUAL
1.Peristiwa alam


2.Penyimpangan hubungan muda-mudi


3.Peristiwa politik: Pemilu


4.Peristiwa budaya


5.Prestasi istimewa


6.Penyimpangan nilai dan moral


7.Pemecatan karyawan/pegawai, pengangguran


8.Tawuran


9.Gangguan keamanan


10.Pengalamanku yang luar biasa


11.Kecelakaan fatal/tragis
15
KONDISI DINAMIS SEKOLAH
1.Peraturan sekolah


2.Tanggapanku terhadap kondisi sekolah


3.Aku dan sekolahku


4.Sekolahku dan sekolah lain


5.Apa yang ku inginkan tentang sekolahku


6.Sekolahku: dahulu dan sekarang


7.Apa kata orangtua tentang sekolahku
16
KENAIKAN KELAS/KELANJUTAN STUDI
1.Persyaratan kenaikan kelas


2.Dapatkah aku naik kelas dan melanjutkan studi?


3.Tantangan naik kls dan resiko tidak naik kls


4.Keterkaitan kenaikan kls dan kelanjutan studi


5.Bisakah aku melanjutkan studi?
17
UJIAN NASIONAL
1.Syarat2 mengikuti UN


2.Aspek teknis administrasi UN


3.Kesiapan penguasaan materi UN


4.Kesiapan psikologis UN


5.Kesiapan kesehatan dan kesegaran jasmani utk UN


6.Kesiapan kelengkapan mengikuti UN


7.Tidak lulus UN: mengapa dan bagaimana?


8.Nyontek: haram,bodoh dan terhina

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatur Mapel Agama di E-Rapor

osis smkmw