CONTOH RPL BK
FORMAT
LK 4.3.5-BK
|
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN/KEGIATAN PENDUKUNG
BIMBINGAN DAN KONSELING SMP DALAM
KURIKULUM 2013
|
I.
IDENTITAS
A. Satuan
Pendidikan :
SMP DIPONEGORO
B. Tahun
Ajaran/Semester :
2014/2015 GANJIL
C. Sasaran
Pelayanan/Kelas :
VII (TUJUH)
D. Pelaksana :
IKA UMI HIDAYAH
E. Pihak
Terkait :
-
II.
WAKTU
DAN TEMPAT
A. Tanggal :
10 Oktober 2014
B. Jam Pelayanan :
07:15-07:55
C. Volume
Waktu :
1x40 menit
D. Tempat
Pelayanan :
Kelas VII
III.
MATERI
LAYANAN
A. Tema/Subtema :
Tema: Prestasi belajar
Subtema: Motivasi Berprestasi
B. Sumber
materi :
Internet
IV.
TUJUAN/ARAH
PENGEMBANGAN :
1. Agar
siswa dapat menyebutkan pengertian motivasi
2. Agar
siswa dapat menyebutkan pengertian motivasi dalam belajar
3. Agar
siswa dapat meningkatkan nilai /prestasi belajar
V.
JENIS
LAYANAN/KEGIATAN PENDUKUNG :
Layanan informasi
VI.
SARANA :
laptop, LCD
VII.
PENILAIAN PROSES DAN HASIL LAYANAN
A. Penilaian
proses :
1. Antusiasme siswa dalam
mengikuti kegiatan bimbingan
2. Keaktifan
siswa dalam mengikuti
proses bimbingan
B. Penilaian hasil :
Nilai/prestasi belajar siswa
meningkat
VIII.
LANGKAH
KEGIATAN LAYANAN/PENDUKUNG
1. Mengembangkan
suasana kegiatan (layanan/ pendukung) yang terbuka dan menciptakan suasana
aman, dan menyenangkan.
Mengucapkan
salam, menanyakan peserta didik setelah itu dilanjutkan mengjak peserta didik
berdo’a untuk memulai bimbingan dengan penuh perhatian, semangat dengan
melakukan kegiatan berfikir,merasa,bersikap bertindak dan bertanggung jawab.
2. Mengemukakan
arah kegiatan dan aktivitas yang diharapkan dari subjek peserta layanan/
kegiatan pendukung.
Menjelaskan tentang topik bimbingan yaitu “Motivasi
Belajar” dan menjelaskan tujuan kegiatan
3. Mengembangkan
pengalaman peserta terkait dengan
kegiatan yang akan dilaksanakan, peserta diminta mengemukakan apa
pikiran,persaan, dan sikap berkenaan dengan pengalamannya.
Menanya siswa tentang motivasi apa saja yang telah mereka dapat dari dirinya sendiri dan dari luar individu yang bersangkutan
Menanya siswa tentang motivasi apa saja yang telah mereka dapat dari dirinya sendiri dan dari luar individu yang bersangkutan
4. Merespon
secara positif apa yang dikemukakan peserta dan mengarahkan mereka untuk
mengikuti kegiatan secara penuh.
Memberikan selingan atau ice breaking sehingga peserta didik tidak jenuh dan kemudian meberikan penguatan dan hal-hal yang penting sehingga peserta didik memperoleh wawasan yang bermakna.
Memberikan selingan atau ice breaking sehingga peserta didik tidak jenuh dan kemudian meberikan penguatan dan hal-hal yang penting sehingga peserta didik memperoleh wawasan yang bermakna.
5. Dalam
kaitannya hal-hal tersebut diatas, menjelaskan aspek-aspek pokok kegiatan yang
akan dilaksanakan.
Konselor membrikan materi tentang motivasi belajar,jenis-jenis motivasi dan pentingnya peran motivasi dalam belajar.
Konselor membrikan materi tentang motivasi belajar,jenis-jenis motivasi dan pentingnya peran motivasi dalam belajar.
6. Kegiatan
dengan dinamika mengarah kepada partisipasi peserta dalam bentuk:
a. Mengamati/memahami
berbagai komponen yang dibicarakan
b. Menanya
hal-hal yang memerlukan penjelasan/pendalaman
c. Mengumpulkan
berbagai informasi terkait dengan materi yang dibahas
d. Mengasosiasikan
berbagai komponen yang keterkaitannya diperlukan
e. Mengkomunikasikan
hal-hal yang perlu diperkuat melalui
peran pihak lain
f. Melaksanakan
dalam bentuk perilaku, sesuai dengan tujuan dan materi pokok kegiatan.
Memberikan
kesempatan peserta didik bertanya tentang materi yang belum jelas
7. Menegaskan
komitmen peserta terkait dengan arah dan materi pokok kegiatan.
Konselor bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibelajarkan kemudian konselor memberikan penguatan dan refleksi kemudian konselor menutup bimbingan layanan.
Konselor bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibelajarkan kemudian konselor memberikan penguatan dan refleksi kemudian konselor menutup bimbingan layanan.
8. Menilai
hasil dan proses pelayanan/kegiatan pendukung sebagai dampak kegiatan yang
telah dilakukan (penilaian hasil dan penilaian proses)
Penilaian
proses: melalui pengamatan dilakukan penilaian proses pembelajaran melalui tes
lisan dan keaktifan aktivitas pembelajaran.
Penilaian
Hasil: diakhir pembeaajaran konselor mengajukan beberapa pertanyaan secara
tertulis (Isian singkat)
9. Rencana
penyusunan Laporan pelaksanaan Program (LAPERPROK)
setelah bimbingan layanan berakhir konselor menyusun laporan yang memuat tindak lanjut refleksi penilaian proses dan penilaian hasil.
setelah bimbingan layanan berakhir konselor menyusun laporan yang memuat tindak lanjut refleksi penilaian proses dan penilaian hasil.
IX.
LAPELPROG
Rencana
penyusunan Laporan pelaksanaan Program (LAPERPROK) yang meliputi suasana
kegiatan, data penilaian hasil dan proses,dan rencana tindak lanjut.
Mengetahui,
|
|
Tekorejo, 8 oktober 2014
|
Kepala Sekolah
|
|
Guru BK/ Konselor
|
ROHMAT, S.Pd.I
|
|
IKA UMI HIDAYAH
|
pelajari buku panduan bimbingan konseling 2014, mudah koq
ReplyDelete