CONTOH RPL BK

FORMAT
LK 4.3.5-BK

  
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN/KEGIATAN PENDUKUNG
BIMBINGAN DAN KONSELING SMP DALAM
KURIKULUM 2013

I.         IDENTITAS
A.    Satuan Pendidikan                                                     : SMP DIPONEGORO
B.     Tahun Ajaran/Semester                                              : 2014/2015 GANJIL
C.     Sasaran Pelayanan/Kelas                                            : VII (TUJUH)
D.    Pelaksana                                                                   : IKA UMI HIDAYAH
E.     Pihak Terkait                                                              : -

II.      WAKTU DAN TEMPAT
A.    Tanggal                                                                      : 10 Oktober 2014
B.     Jam  Pelayanan                                                           : 07:15-07:55
C.     Volume Waktu                                                           : 1x40 menit
D.    Tempat Pelayanan                                                      : Kelas VII

III.   MATERI LAYANAN                                                              
A.    Tema/Subtema                                                           : Tema: Prestasi belajar
  Subtema: Motivasi Berprestasi
B.     Sumber materi                                                            : Internet

IV.   TUJUAN/ARAH PENGEMBANGAN                      :  
1.      Agar siswa dapat menyebutkan pengertian motivasi
2.      Agar siswa dapat menyebutkan pengertian motivasi dalam belajar
3.      Agar siswa dapat meningkatkan nilai /prestasi belajar
V.      JENIS LAYANAN/KEGIATAN PENDUKUNG     : Layanan informasi

VI.   SARANA                                                                                    : laptop, LCD

VII. PENILAIAN PROSES DAN HASIL LAYANAN                          
A.    Penilaian proses                                                          : 1. Antusiasme siswa dalam         
                                                                                         mengikuti kegiatan bimbingan
                                                                                     2. Keaktifan siswa dalam mengikuti  
                                                                                         proses bimbingan
       B. Penilaian hasil                                                              : Nilai/prestasi belajar siswa  
                                                                                                  meningkat

VIII.       LANGKAH KEGIATAN LAYANAN/PENDUKUNG

1.      Mengembangkan suasana kegiatan (layanan/ pendukung) yang terbuka dan menciptakan suasana aman, dan menyenangkan.

Mengucapkan salam, menanyakan peserta didik setelah itu dilanjutkan mengjak peserta didik berdo’a untuk memulai bimbingan dengan penuh perhatian, semangat dengan melakukan kegiatan berfikir,merasa,bersikap bertindak dan bertanggung jawab.
2.      Mengemukakan arah kegiatan dan aktivitas yang diharapkan dari subjek peserta layanan/ kegiatan pendukung.
 Menjelaskan tentang topik bimbingan yaitu “Motivasi Belajar” dan menjelaskan tujuan kegiatan
3.      Mengembangkan pengalaman peserta  terkait dengan kegiatan yang akan dilaksanakan, peserta diminta mengemukakan apa pikiran,persaan, dan sikap berkenaan dengan pengalamannya.
Menanya siswa tentang motivasi apa saja yang telah mereka dapat dari dirinya sendiri dan dari luar individu yang bersangkutan
4.      Merespon secara positif apa yang dikemukakan peserta dan mengarahkan mereka untuk mengikuti kegiatan secara penuh.
Memberikan selingan atau ice breaking sehingga peserta didik tidak jenuh dan kemudian meberikan penguatan dan hal-hal yang penting sehingga peserta didik memperoleh wawasan yang bermakna.
5.      Dalam kaitannya hal-hal tersebut diatas, menjelaskan aspek-aspek pokok kegiatan yang akan dilaksanakan.
Konselor membrikan materi tentang motivasi belajar,jenis-jenis motivasi dan pentingnya peran motivasi dalam belajar.
6.      Kegiatan dengan dinamika mengarah kepada partisipasi peserta dalam bentuk:
a.       Mengamati/memahami berbagai komponen yang dibicarakan
b.      Menanya hal-hal yang memerlukan penjelasan/pendalaman
c.       Mengumpulkan berbagai informasi terkait dengan materi yang dibahas
d.      Mengasosiasikan berbagai komponen yang keterkaitannya diperlukan
e.       Mengkomunikasikan hal-hal  yang perlu diperkuat melalui peran pihak lain
f.       Melaksanakan dalam bentuk perilaku, sesuai dengan tujuan dan materi pokok kegiatan.
Memberikan kesempatan peserta didik bertanya tentang materi yang belum jelas
7.      Menegaskan komitmen peserta terkait dengan arah dan materi pokok kegiatan.
Konselor bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibelajarkan kemudian konselor memberikan penguatan dan refleksi kemudian konselor menutup bimbingan layanan.
8.      Menilai hasil dan proses pelayanan/kegiatan pendukung sebagai dampak kegiatan yang telah dilakukan (penilaian hasil dan penilaian proses)
Penilaian proses: melalui pengamatan dilakukan penilaian proses pembelajaran melalui tes lisan dan keaktifan aktivitas pembelajaran.
Penilaian Hasil: diakhir pembeaajaran konselor mengajukan beberapa pertanyaan secara tertulis (Isian singkat)
9.      Rencana penyusunan Laporan pelaksanaan Program (LAPERPROK)
setelah bimbingan layanan berakhir konselor menyusun laporan yang memuat tindak lanjut refleksi penilaian proses dan penilaian hasil.
IX.   LAPELPROG
Rencana penyusunan Laporan pelaksanaan Program (LAPERPROK) yang meliputi suasana kegiatan, data penilaian hasil dan proses,dan rencana tindak lanjut.




Mengetahui,

Tekorejo, 8 oktober 2014
Kepala Sekolah

Guru BK/ Konselor



ROHMAT, S.Pd.I





IKA UMI HIDAYAH

Comments

  1. pelajari buku panduan bimbingan konseling 2014, mudah koq

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengatur Mapel Agama di E-Rapor

osis smkmw

TEMA MATERI PELAYANAN BK