Keunggulan Toyota Innova: Konsumsi BBM Justru Lebih Irit
Konsumsi
bahan bakar tidak melulu ditentukan oleh kapasitas mesin. Tidak ada hukum,
makin besar kapasitas mesin, makin boros konsumsi bahan bakarnya. Dengan
perkembangan teknologi, asumsi tersebut dipatahkan.
Contohnya, harga Toyota Kijang Innova bensin sebagai mobil keluarga yang paling populer di Indonesia. Kendati kapasitas mesinnya 2.000 cc, lebih besar dibandingkan Kijang Kapsul, 1.800 cc, Innova justru lebih irit. Padahal dari segi dimensi, Innova juga lebih besar. Lho, kok bisa demikian?
Lebih
Aerodinamis
Dua faktor
utama, bodi Innova lebih aerodinamis dibandingkan dengan Kapsul. Bagian depan
Innova lebih landai atau istilah kerennya, streamline, dibandingkan Kapsul. Di
samping itu, permukaan bodinya juga lebih rata dan mulus.
Dengan
demikian, ketika kendaraan melaju, hambatan angin jadi lebih rendah. Tenaga
yang diperlukan untuk bergerak tidak terlalu besar. Alhasil, jumlah bahan bakar
yang diperlukan untuk menggerakkan kendaraan bisa dikurang. Istilah lainnya,
konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.
Mesin
Canggih
Faktor kedua
adalah cara kerja atau teknologi mesin plus komponen pemindah daya seperti
transmisi. Untuk memasok bahan bakar ke dalam mesin, Innova menggunakan sistem
injeksi, sedangkan Kapsul karburator.
Hebatnya
lagi, kerja mesin dikontrol oleh komputer. Dengan cara ini, kebutuhan mesin
akan bahan bakar diatur sesuai dengan beban kerjanya. Saat lambat atau muatan
ringan, jumlah bahan bakar yang dipasok sedikit. Sebaliknya, pada kecepatan
tinggi, jumlah bahan bakar yang dipasok lebih banyak.
Bahan bakar
dipasok dengan cara menyemprotkannya ke ruang pada katup mesin. Di sini bahan
bakar atau bensin dicampur bersama udara yang dihisap oleh mesin. Di dalam
mesin, udara dan bensin terus bercampur lebih 'akrab' lagi. Setelah itu,
dimampatkan (kompresi), dibakar dengan menyulutnya melalui percikan bunga api
yang dihasilkan oleh busi. Kemudian, terjadi ledakan yang mendorong piston dan
menggerakan mesin dan selanjutnya dipindahkan ke transmisi dan roda.
Keunggulan
sistem injeksi, bensin dipasok ke mesin dengan takaran yang telah ditentukan
berdasarkan berbagai kondisi di sekitar mesin. Termasuk banyaknya massa udara yang
dihisap mesin, suhu mesin dan berbagai parameternya.
Adapun pada
mesin yang masih menggunakan karburator, bensin diisap berdasarkan bukaan katup
gas yang dioperasikan melalui pedal gas. Komposisi campuran bisa saja tidak pas
dan sulit diatur sesuai dengan kondisi kerja mesin.
Teknologi
lainnya pada mesin Innova adalah Variable Valve Timing-Intelligent (VVT-i).
Dengan teknologi ini, campuran bensin dan udara yang masuk ke mesin disesuaikan
dengan kondisi kerja putaran dan beban mesin.
VVT-i
memungkinkan mesin menyedot jumlah campuran udara dan bensin dengan mengatur
waktu buka dan tutup katup isap secara optimal dengan memanfaatkan komputer.
Udara mengalir ke dalam mesin secara efisien.
Dengan
segala kelebihan Toyota, harga Toyota yang ditawarkan masih jauh lebih
menguntungkan dari fasilitas dan kecanggihan yang ditawarkan
Comments
Post a Comment